penerjemah

Kamis, 31 Mei 2012

EKOSISTEM


Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Sedangkan ekologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan, interaksi antara makhluk hidup (organisme) dengan lingkungannya.
Setiap ekosistem tersusun dari komponen-komponen penyusun. Komponen penyusun ekosistem terdiri atas komponen yang hidup (biotik) dan komponen tak hidup (abiotik).
1.      Komponen biotik
Komponen biotik merupakan bagian dari suatu ekosistem yang terdiri atas semua makhluk hidup. Komponen biotik terdiri atas tumbuh-tumbuhan, hewan, dan berbagai jasad renik (mikroorganisme). Berdasarkan fungsi di dalam ekosistem, komponen biotik dikelompokkan sebagai produsen, konsumen, dan komposer.
2.      Lingkungan Abiotik
1)      Cahaya
Sinar matahari mempengaruhi ekosistem secara global karena sinar matahari juga dibutuhkan oleh tumbuhan sebagai produsen untuk berfotosintesis.
2) Suhu
- Suhu mempengaruhi aktivitas tumbuhan dan hewan.
- Pada batas tertentu , penurunan suhu menyebabkan metabolisme makhluk hidup
Menurun
3) Air
- Air dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme.
4) Oksigen
- Sebagian besar makhluk hidup memerlukan oksigen dalam kehidupannya.
- Akan tetapi pada species tertentu, oksigen akan menyebabkan aktivitasnya menjadi terganggu. Contohnya: Lactobaccilus bulgaricus
5) Topografi dan Tanah
- Bentuk fisik suatu daerah (topografi) dan kondisi tanah menentukan jenis tumbuhan dan hewan yang hidup disana.
- Kesuburan tanah akan mempengaruhi tumbuhan yang hidup disana dan secara langsung akan mempengaruhi penyebaran hewan.
Berdasarkan proses terbentuknya, kita mengenal dua jenis ekosistem, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan.
a.       Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk secara alamiah, artinya tanpa adanya campur tangan manusia. Hutan, laut, danau, dan rawa merupakan contoh dari ekosistem ini.
b.      Ekosistem buatan adalah ekosistem yang terbentuk melalui campur tangan manusia. Ekosistem ini mempunyai komponen biotik sesuai dengan yang diinginkan pembuatnya. Akuarium, sawah, dan waduk merupakan contoh ekosisitem buatan.

1 komentar: