penerjemah

Rabu, 30 Mei 2012

EKOSISTEM ESTUARIA

Hay ceman cema qyuuuuu......Pastinya sudah tidak asing yaaa dengan kata Ekosistem Estuaria... mari belajar tentang Ekosistem Estuaria
Estuari didefinisikan sebagai perairan semi tertutup yang mempunyai hubungan bebas dengan laut, tempat dimana air tawar dari sungai dan air asin dari laut bertemu. 



Ohh,, ternyata Estuaria adalah bagian dari lingkungan perairan yang merupakan pencampuran antara air luat dan air tawar yang berasal dari sungai, sumber air tawar lainnya (saluran air tawar dan genangan air tawar).
Dengan adanya proses pencampuran maka wilayah estuaria sangat dipengaruhi oleh kadar salinitas, dimana wilayah estuaria dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu antara lain Hyperhaline, Euhaline dan Limnetik (Air tawar). 
Dengan ciri dan karakteristik tersebut estuaria memiliki banyak tipe yang diklasifikasikan berdasarkan atas topografi, geomorfologi, distribusi salinitas, serta aliran air dan stratifikasinya. 
Dari tipe tersebut ekosistem estuaria sangat dipengaruhi oleh kadar salinitas, suhu, gelombang, pasang surut, substrat, ketersediaan oksigen, dan parameter kimia seperti derajat keasaman (pH). Estuaria berfungsi sebagai tempat untuk mencari makanan serta sebagai penyaring dari berjuta bahan buangan atau limbah karena karakteristiknya menyebabkan estuaria sebagai tempat pembuangan limbah. Terlepas dari itu organisme yang hidup di wilayah estuaria merupakan organisme yang dapat beradaptasi dengan lingkungan estuaria yang keras seperti adaptasi morfologis, fisiologis dan tingkah laku.

0 komentar:

Posting Komentar